ARTIKEL MENGENAI BISNIS INFORMATIKA
Disusun oleh:
Faradilla Mahardi
52415471
4IA15
52415471
4IA15
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018
I.
Definisi Umum
1.
Bisnis
Pengertian Bisnis adalah suatu kegiatan yang
dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi,
penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk
mendapatkan keuntungan atau laba. Kata “bisnis”
berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang artinya
kesibukan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah
melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada
seseorang.
Penggunaan kata “bisnis” dapat dibedakan menjadi tiga, tergantung skupnya.
Kata bisnis dapat merujuk pada:
·
Badan Usaha, yaitu kesatuan Yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari keuntungan.
·
Sektor Pasar Tertentu, misalnya pasar Modal.
·
Seluruh aktivitas pada komunitas produsesn barang dan jasa.
2.
TIK
(Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah
teknologi yang memproses atau mengolah dan memproduksi informasi serta
menyebarluaskan atau membpublikasikannya, seperti komunikasi media.
Pada Wikipedia menyebutkan, Teknologi
Informasi dan Komunikasi adalah paying besar terminology yang mencangkup
seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK
mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses,
penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan
teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan
alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke
lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah
dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi
mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan
pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
Istilah
TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat
keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad
ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang
teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai
perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.
1.
Bisnis
Informatika dan Jenisnya
Bisnis informatika merupakan disiplin
ilmu baru yang menggabungkan berbagai aspek manajemen bisnis, teknologi
informasi, dan informatika. Tujuan dari Bisnis Informatika adalah untuk
sepenuhnya mengintegrasikan pengetahuan ilmu komputer dan bisnis administrasi
menjadi satu kesatuan. Yang membedakan Bisnis Informatika dengan bisnis-bisnis lainnya yaitu
cara dia merencanakan, membuat, mengelola, dan menjalankan bisnis tersebut
dengan menggunakan teknologi informasi khususnya internet.
Jenis-jenis bisnis informatika antara lain :
A.
E-Commerce
E-Commerce
secara umum dapat diartikan sebagai transaksi jual beli secara elektronik
melalui media internet. Selain itu E-commerce juga dapat diartikan sebagai
suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan
antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik
dan pertukaran atau penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik.
Dalam melakukan E-Commerce penggunaan internet menjadi pilihan favorit oleh
kebanyakan orang karena kemudahan-kemudahan yang dimiliki oleh jaringan
internet tersebut, yaitu:
a. Internet
sebagai jaringan public yang sangat besar, cepat dan kemudahan dalam
mengaksesnya.
b. Internet
menggunakan electronic data sebagai media penyampaian pesan/data sehingga dapat
dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas, baik
dalam bentuk data elektronik analog maupun digital.
Sehingga kehadiran E-Commerce sebagai media transaksi yang baru, cepat dan mudah ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses jual beli dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu.
Sehingga kehadiran E-Commerce sebagai media transaksi yang baru, cepat dan mudah ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses jual beli dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu.
Faktor Pendukung E-Commerce
·
Cakupan yang luas
·
Proses transaksi yang cepat
·
Dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual
secara cepat dan tepat dan pendistribusian informasi yang disampaikan
berlangsung secara periodik.
·
E-Commerce dapat menciptakan efesiensi yang
tinggi, murah serta informatif.
·
Dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan
pelayanan yang cepat, mudah, aman dan akurat.
Jenis-jenis Transaksi E-commerce
·
Busines to Busines (B2B)
·
Bussines to Cunsumer (B2C)
·
Consumer to Consumer (C2C)
·
Consumer to Bussines (C2B)
·
Non-Bussines Electronic Commerce
·
Intrabussines (Organizational) Electronic
Commerce
B.
Software House
Software house adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam
bidang software development. Requirement yang dibutuhkan oleh sebuah software
house adalah sistem informasi yang mampu menangani beberapa aspek dasar dalam
setiap perusahaan, diantaranya adalah kepegawaian, transaksi project, dan
inventaris perusahaan. Software house merujuk kepada sekelompok orang atau
individu atau perusahaan kecil yang melakukan bisnis dalam bidang pembuatan perangkat
lunak (software). Produk yang dihasilkan bisa spesifik untuk client tertentu
(seperti aplikasi intranet untuk sebuah company) atau bersifat umum (seperti
aplikasi untuk toko, apotik, rental mobil, dll) yang bisa digunakan oleh banyak
client.
Pada kategori Software Development pihak pelanggan dapat
memilih paket yang disediakan oleh perusahaan yang terdiri dari pembuatan
software aplikasi, tutorial dan maintenance. Namun pihak pelanggan dapat tidak
memilih paket tersebut yang berarti hanya memesan software aplikasi sehingga
biaya yang dikenakan lebih murah. Sedangkan pada kategori Tutorial, hal yang
menentukan adalah lamanya kegiatan tutorial dan jumlah peserta tutorial. Lain
lagi halnya dengan kategori Riset
Kebutuhan perangkat dan SDM :
·
lokasi/tempat
sebagai camp kerja, yang membuat betah/nyaman para pegawai di dalamnya
·
3 sampai
4 unit komputer client dengan spesifikasi "powerfull", 1 unit
komputer server yang stabil, koneksi internet
·
program-program
sumber (master installer) yang cukup lengkap untuk instalasi bila sewaktu-waktu
diperlukan
·
sarana
komunikasi pendukung
·
sumber
bacaan sebagai referensi
Untuk mendapatkan sebuah project/order, bisa dilakukan
berbagai macam cara, seperti melalui rekan/kolega yang berpotensi bisa
memberikan project, promosi lewat iklan di media cetak atau internet, hunting
project di internet, metode jemput bola (langsung membuat proposal dan
penawaran kepada calon client yang berpotensi membutuhkan produk/jasa IT). Bila
modal yang ada minim tetapi kemampuan/skill IT nya mencukupi, cobalah dengan
metode "kumpul bareng" sesama SDM IT membuat usaha gotong royong,
masing-masing membawa "sumbangan modal" seperti komputer dan
lain-lain, sedangkan output dari hasil project bisa diatur seproporsional
mungkin yang menyenangkan semua pihak.
C.
Consultant
Konsultan (istilah
alternatif: pakar runding) adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan
jasa kepenasihatan (consultancy service) dalam bidang keahlian tertentu,
misalnya akuntansi, pajak, lingkungan, biologi, hukum, koperasi dan lain-lain.
Perbedaan antara seorang konsultan dengan ahli biasa adalah sang konsultan
bukan merupakan pegawai perusahaan sang penggunalayan (client), melainkan
seseorang yang menjalankan usahanya sendiri atau bekerja di sebuah perusahaan
kepenasihatan, serta berurusan dengan berbagai penggunalayan dalam satu waktu.
Seorang konsultan bisnis adalah
orang yang memberikan dukungan dan informasi untuk membantu dalam menjalankan
atau strategi masa depan bisnis. Konsultan Bisnis menganalisa tentang analisa
pesaing, pemetaan marketing, rencana marketing, rencana bisnis
kedepan (Business Plan), Riset Pemasaran, pembuatan bisnis plan,
pembuatan studi
kelayakan,
monitoring project, analisa trend harga.
Konsultan Bisnis memberikan masukan atas usaha yang
akan di jalankan. Meliputi besarnya resiko, proyeksi laba rugi, proyeksi
neraca, proyeksi penjualan. Konsultan bisnis sangat bermanfaat
untuk meminimalisir resiko yang timbul akibat kegagalan bisnis yang tidak
terkonsep.
Konsultan IT
merupakan profesi yang bergelut dalam bidang IT yang ahli dalam memberikan jasa berupa nasihat dalam bidangnya,
wujudnya berupa memberikan layanan sekaligus dalam satu waktu. Orang awaam
mungkin memandang bahwa seorang konsultan it memiliki pekerjaan yang sama
dengan profesi IT lainnya yang tidak
jauh dari yang namanya komputer, software maupun jaringan.
Namun pada kenyataannya seorang konsultan IT juga harus memiliki
beberapa kemampuan diantaranya :
- Pengetahuan yang luas dengan dunia IT.
- Mengetahui setiap permasalahan dan solusi terkait komputer, software ataupun jaringan.
- Menguasai tulis menulis dengan baik.
- Memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan presentasi.
- Memiliki kemampuan yang baik dalam hal dokumentasi.
D.
Penjualan Perangkat TIK
Adalah bisnis
Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti
Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.
E.
Pemasangan & Pemeliharaan Jaringan Komputer dan Perangkat
TIK
Dalam menciptakan kelancaran bisnis
informatika tentu dibutuhkan jaringan komputer. Untuk pemasangan jaringan
komputer, para pebisnis dapat menggunakan jasa instalasi jaringan yang saat ini
sudah banyak dan mudah ditemui. Jaringan komputer adalah jaringan memberi akses
dan hubungan bagi masing-masing client dan server. Untuk itu, setiap server
haruslah dapat menjaga kemananan dan kelancaran jalannya jaringan. Kini banyak
staff administrator yang diwajibkan minimal dapat menjaga stabilitas server
supaya dapat terbebas atau minimal terhindari dari resiko terjadinya masalah
terhadap jaringan.
Karena merupakan software yang
kinerjanya didukung oleh berbagai perangkat keras atau hardware, jaringan
komputer secara keseluruhan tidaklah mudah dijaga kelancarannya. Berbagai
perangkat keras yang membantu kinerja jaringan menjadi semakin lancar antara
lain komputer client, komputer server, router jaringan, berbagai konektor dan
HUB atau Switch. Kesemua perangkat tersebut akan terintegrasi secara maksimal
dalam menghasilkan jaringan dengan kinerja dan kesepatan akses data yang
memadai. Karenanya, integrasi perangkat yang terintegrasi sehingga menghasilkan
jaringan berkualitas haruslah dijaga kelancarannya. Jika jaringan dan
perangkatnya tidak dijaga secara maksimal, maka bukan tidak mungkin akan muncul
berbagai masalah atau kerusakan.
Cara Perawatan
Jaringan Komputer yang Benar :
Untuk menjaga kualitas jaringan agar
selalu terbebas dari berbagai permasalahan, ikuti beberapa cara dan tips
merawat jaringan komputer yang mudah dilakukan berikut ini:
- Cara merawat komputer server
Perawatan yang pertama dapat dimulai
dari merawat komputer server yang menjadi perangkat komputer utama. Komputer
server adalah pusatnya seluruh kendali dan perintah. Selain itu, komputer
server juga merupakan pusat penyimpanan seluruh data client sehingga sangat
perlu dirawat dan dijaga kemanannya. Cara merawatnya adalah dengan melakukan
back up secara berkala misalnya satu kali dalam tiga hari, satu minggu atau
satu bulan. Backup sangatlah diperlukan karena komputer server selalu bekerja
tanpa henti non-stop selama 24 jam. Dengan langkah backup maka ketika komputer
mengalami masalah atau kerusakan, Anda tidak perlu bergitu cemas dengan kemanan
data-data yang terdapat di dalamnya. Proses backup secara rutin juga biasanya
disarankan oleh jasa instalasi jaringan demi kemudahan perbaikan kalau ada yang
rusak.
- Cara merawat Komputer Client
Peran komputer client memang tidak
begitu penting seperti komputer server yang memang menjadi pusat pengoperasian
dan jaringan. Jika salah satu komputer client rusak atau bermasalah, maka tidak
akan berpengaruh buruk pada komputer client lainnya. Meski demikian, komputer
client juga harus dirawat akan memberikan kinerja yang maksimal. Untuk
berjaga-jaga, saat proses pemasangan jaringan juga gunakan jasa instalasi
jaringan komputer kantor maupun rumahan yang profesional dan berkualitas
terjamin.
Cara perawatan komputer client sangat
mudah dilakukan antara lain dengan pembersihan virus secara berkala dan rutin
menggunakan antivirus yang up to date dan selalu ter-upgrade, dengan
membersihkan file installer yang sudah dihapus serta membersihkan file temporary
dan deframent secara berkala. Dengan begitu, komputer client akan selalu dalam
kondisi prima dan selalu siap pakai.
- Cara merawat kabel jaringan
Setelah melakukan proses pemasangan
jaringan dengan menggunakan pihak jasa instalasi jaringan LAN kantor ataupun
rumahan, langkah selanjutnya yang sangat penting untuk dilakukan adalah merawat
perangkatnya. Jika di atas sudah dijelaskan beberapa cara merawat komputer
server dan komputer client, kini saatnya membahas tentang cara merawat kabel
jaringan yang tak lepas dari pemasangan jaringan komputer.
Dalam struktur pemasangan
jaringan-jaringan komputer, peran dari kabel jaringan memang sangat penting.
Kabel yang menjadi media penghantar arus listrik dan arus lainnya sehingga
seluruh perangkat dapat bekerja secara maksimal. meskipun sering dipandang
tidak begitu penting, namun ternyata kabel jaringan juga menjadi perangkat
penentu yang sangat penting. Masalah yang sering muncul pada kabel jaringan
adalah rusak karena digigit tikus, sobek karena terlalu sering digesek atau
karena sering ditekan dan jadi lodek. Untuk menghalau segala masalah tersebut
dapat dilakukan beberapa cara untuk melindungi kabel dari berbagai kerusakan
seperti gigitan tikus, kerusakan akibat gesekan atau tekanan berlebih.
Cara untuk menghalau
masalah-masalah tersebut antara lain melakukan pemilihan kabel yang tepat yakni
dengan menggunakan kabel yang terbuat dari bahan besi atau plastik yang kokoh
sebagai pembungkus kabel jaringan tersebut. perawatan juga dapat dilakukan
dengan penataan kabel yang rapi dan pada tempat yang tepat. Misalnya ditempel
dengan rapi dan bukan diletakkan di area atau tempat yang aman dan terhindar
dari gesekan atau tekanan dari suatu benda. Pemilihan kabel yang juga akan
mempengaruhi biaya jasa instalasi jaringan LAN yang dipatok oleh pihak peyedia
jasa tersebut. pastikan kabel yang berkualitas dan penataan yang tepat dari
awal pemasangan jaringannya.
- Cara merawat HUB
atau Switch
Jalannya jaringan
komputer pada saat awal pemasangan melalui jasa instalasi jaringan juga tidak dapat terlepas dari perangkat Switch dan
HUB yang merupakan perangkat yang berfungsi sebagai perantara atara server dan
client. Tanpa adanya HUB dan Switch sebagai perangkat keras atau hardware maka
komunikasi antara komputer server dan client tidak akan terjalin atau terjadi.
Dengan demikian, dapat diketahui bahwa peranan dari kedua perangkat ini
sangatlah penting. Untuk itu, perawatan terhadap perangkat ini pun harus
dilakukan.
Cara merawat kinerja
Switch dan HUB sebenarnya cukup mudah. Yakni tinggal melakukan pengecekan
secara berkala saja dan melakukan penempatan di lokasi yang tepat. Sebaiknya
HUB dan Switch diletakkan di tempat yang bebas atau terhindari debu. Selain
itu, agar dapat selalu bekerja secara maksimal, Switch ataupun HUB perlu
diletakkan di area dengan suhu cenderung dingin dan tidak panas. Suhu yang
terlalu panas dapat membuat kinerja kedua perangkat ini menjadi terganggu.
Pengecekan berkala dan peletakan di area tepat daat membuat Switch atau HUB
dapat bertahan lebih lama.
- Cara merawat
konektor RJ45
Kinerja jaringan
komputer juga tidak luput dari peran penting konektor yang berfungsi sebagai
kabel penghubung. Biasanya, saat pemasangan jaringan yang dilakukan oleh
penyedia jasa instalasi jaringan LAN dan Wireless, konektor yang sering
digunakan adalah konektor RJ45 yang menghubungkan kabel dengan kartu jaringan
yang harus dirawat dengan baik. Cara perawatannya adalah dengan membersihkan
pin konektor secara berkala. Pembersihan dapat dilakukan dengan sikat khusus
atau peniti.
I.
Perkembangan
Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia
Saat ini dunia
informatika mengalami perkembangan yang sangat pesat terutama di bidang bisnis.
Pada lingkungan bisnis kehadiran teknologi informasi dapat menghadirkan
berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis dan mengoptimalkan efisiensi
bisnis berbasis teknologi informasi. Di Indonesia maupun di dunia, perkembangan
bisnis informatika sudah berkembang dengan pesat. Ini dibuktikan dengan hampir
semua bisnis yang ada baik dari perusahaan yang berskala besar maupun yang
berskala kecil menggunakan teknologi informasi untuk menjalankan bisnisnya dan
terdapat
peningkatan kebutuhan akan teknologi informatika yang sangat besar dari tahun
ke tahun.
Kemajuan bisnis informatika
di Indonesia saat ini didukung oleh pesatnya perkembangan
teknologi dan juga banyaknya pengguna teknologi itu sendiri. Dengan menggunakan teknologi informatika dalam
dunia bisnis menjadikan bisnis tersebut tidak memerlukan modal yang banyak. Lewat bantuan
teknologi internet, perusahaan dapat menjalankan bisnisnya secara E-commerce
atau dengan software house, karena cukup dengan membuat situs web yang mampu
menarik perhatian dan sosialisasi yang baik, maka banyak konsumen akan datang dan keuntungan akan didapat.
Sekarang ini para pebisnis juga dapat melakukan perdagangan
selama 24 jam tanpa mengenal batas ruang dan waktu serta terjangkau semua
kalangan.
Selain
mengefisiensikan waktu dan biaya, kemajuan teknologi informasi ini juga
mempermudah dalam pembuatan laporan keuangan, menyimpan dokumen-dokumen
perusahaan dalam database, mempermudah komunikasi dengan menggunakan e-mail,
video conference atau internet call jika rekan bisnis berada di negara lain.
Perusahaan juga dapat membuat CRM (Customer Relationship Management)
yaitu data record setiap transaksi antara perusahaan dan pelanggan.
Teknologi informasi
sangat dibutuhkan dan tidak dapat dipisahkan dari dunia bisnis, serta sudah
menjadi bagian yang sangat penting dalam mengelola dan meningkatkan pelayanan.
Dan bisnis dalam bidang informatika ini memiliki peluang yang cukup baik dan
menjanjikan ke depannya.
Bisnis informatika
mempunyai potensi yang besar untuk kedepannya, karena itu perlu didukung oleh
sumber daya yang berkualitas serta perangkat teknologi yang canggih baik itu
perangkat keras atau perangkat lunaknya.
Jadi perkembangan
dan kemajuan bisnis dunia saat ini sangatlah pesat dan sangat menggiurkan, bisnis ini berkembang setiap detiknya.
Kemajuan dunia bisnis di bidang teknologi informasi ini berkembang dengan pesat karena adanya media informasi dan perangkat
teknologi yang semakin canggih. Salah satu media dalam bisnis di dunia
informatika ini adalah internet. Internet merupakan jaringan komputer yang
berisi sumber informasi.
Banyak perusahaan
yang memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis, seperti menjual jasa, menjual
dan membeli produk serta memasarkan suatu produk. Pertumbuhan bisnis online
shop merupakan contoh nyata
dari perkembangan bisnis informatika, begitu juga warnet yang banyak dijumpai dimana saja. Di
masa mendatang, teknologi informasi dan telekomunikasi akan menjadi sektor yang
paling dominan. Saat ini saja teknologi informasi sudah banyak berperan dalam
bidang pendidikan, pemerintahan dan keuangan serta perbankan.
Ada 5 model bisnis
teknologi informasi dan komunikasi, diantaranya adalah :
- Lisensi produk software (contohnya perusahaan Andal Software, Dycode,
Oracle)
- Iklan (contohnya Detik.com, Google)
- Software sebagai layanan (contonya Infisys
pushmail, Salesforce.com)
- Penjualan perangkat keras (contohnya Zyrex, Axioo, Apple)
- Penjual jasa konsultasi, integrase, training (contohnya Inixindo,
Sigma, Redhat)
II.
Perusahaan
Yang Bergerak Dibidang Bisnis Informatika
Di Indonesia banyak sekali perusahaan yang
bergerak dibidang bisnis informatika, salah satu diantaranya ialah PT Telkom
Indonesia.
Riwayat Singkat TELKOM
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah Badan Usaha Milik Negara
(BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi
(TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Pemegang saham mayoritas Telkom
adalah Pemerintah Republik Indonesia sebesar 52.09%, sedangkan 47.91% sisanya
dikuasai oleh publik. Saham Telkom diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI)
dengan kode “TLKM” dan New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode “TLK”.
Dalam upaya bertransformasi menjadi digital telecommunication
company, TelkomGroup mengimplementasikan strategi bisnis dan operasional
perusahaan yang berorientasi kepada pelanggan (customer-oriented).
Transformasi tersebut akan membuat organisasi TelkomGroup menjadi lebih lean (ramping)
dan agile (lincah) dalam beradaptasi dengan perubahan industri
telekomunikasi yang berlangsung sangat cepat. Organisasi yang baru juga diharapkan
dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menciptakancustomer
experience yang berkualitas.
Kegiatan usaha TelkomGroup bertumbuh dan berubah seiring dengan
perkembangan teknologi, informasi dan digitalisasi, namun masih dalam koridor
industri telekomunikasi dan informasi. Hal ini terlihat dari lini bisnis yang
terus berkembang melengkapi legacyyang sudah ada sebelumnya. Saat ini TelkomGroup mengelola 6 produk portofolio yang melayani empat
segmen konsumen, yaitu korporat, perumahan, perorangan dan segmen konsumen
lainnya.
Berikut penjelasan portofolio bisnis TelkomGroup:
1.
Mobile
Portofolio ini menawarkan produk mobile voice, SMS dan value
added service, serta mobile broadband. Produk tersebut
ditawarkan melalui entitas anak, Telkomsel, dengan merk Kartu Halo untuk
pasca bayar dan simPATI, Kartu As dan Loop untuk pra bayar.
2.
Fixed
Portofolio ini memberikan layanan fixed service, meliputi fixed
voice, fixed broadband, termasuk Wi-Fi dan emerging
wireless technology lainnya, dengan brand IndiHome.
3.
Wholesale & International
Produk yang ditawarkan antara lain layanan interkoneksi, network
service, Wi-Fi, VAS, hubbing data center dan content
platform, data dan internet, dan solution.
4.
Network Infrastructure
Produk yang ditawarkan meliputi network service, satelit,
infrastruktur dan tower.
5.
Enterprise Digital
Terdiri dari layanan information and communication technology
platform service dan smart enabler platform service.
6.
Consumer Digital
Terdiri dari media dan edutainment service, seperti e-commerce (blanja.com),
video/TV dan mobile based digital service. Selain itu, kami juga
menawarkan digital life service seperti digital life
style (Langit Musik dan VideoMax), digital payment seperti
TCASH, digital advertising and analytics seperti
bisnis digital advertising dan solusi mobile banking serta enterprise digital
service yang menawarkan layanan Internet of Things (IoT).
VISI DAN MISI
Seiring dengan perkembangan teknologi digital dan transformasi perusahaan,
Telkom memiliki visi dan misi baru yang diberlakukan sejak 2016, yaitu:
- Visi
- Misi
STRATEGIC OBJECTIVES
Sebagai Indonesia powerhouse company yang telah
memiliki footprint bisnis internasional, TelkomGroup
memiliki strategic objectivessebagai berikut:
Top 10 Market Capitalization Telco in Asia-Pacific by 2020 and maintain its
stronghold position
CORPORATE STRATEGY
TelkomGroup juga telah menyusun strategi korporasi guna
menciptakan sustainable competitive growth dan mendorong
cita-cita Indonesia untuk menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia
Tenggara.
- Directional Strategy: Disruptive competitive growth
Di tengah perubahan lingkungan industri yang sangat menantang, TelkomGroup yakin bahwa kapitalisasi pasar akan tumbuh secara signifikan. Ini dilakukan dengan cara memberikan nilai lebih kepada pelanggan melalui inovasi produk dan layanan, mendorong sinergi serta membangun ekosistem digital yang kuat baik di pasar domestik maupun internasional. - Portfolio Strategy: Customer value through digital TIMES portfolio
TelkomGroup berfokus pada portofolio digital TIMES (Telecommunication, Information, Media, Edutainment & Services) melalui penyediaan layanan yang nyaman dan konvergen sehingga memberikan nilai yang tinggi kepada pelanggan. - Parenting Strategy: Strategic Control
Untuk mendukung pertumbuhan bisnis secara efektif, TelkomGroup menerapkan pendekatan strategic control untuk menyelaraskan unit bisnis, unit fungsional dan anak perusahaan agar proses dapat berjalan lebih terarah, bersinergi, dan efektif dalam mencapai tujuan perusahaan.
CORPORATE CULTURE
The Telkom Way
BASIC BELIEF
Always the Best
CORE VALUES
Solid, Speed, Smart
KEY BEHAVIOURS
Imagine, Focus, Action
RIWAYAT TELKOMGROUP
·
Perkuat Akses Telekomunikasi
Nasional, Bangun Masyarakat Digital Indonesia
Dalam perjalanan sejarahnya, Telkom telah melalui berbagai dinamika bisnis
dan melewati beberapa fase perubahan, yakni kemunculan telepon, perubahan
organisasi jawatan yang merupakan kelahiran Telkom, tumbuhnya teknologi
seluler, berkembangnya era digital, ekspansi bisnis internasional, serta
transformasi menjadi perusahaan telekomunikasi berbasis digital.
·
1882 – Kemunculan Telepon
Pada 1882, kemunculan
telepon menyaingi layanan pos dan telegraf yang sebelumnya digunakan pada 1856.
Hadirnya telepon membuat masyarakat kian memilih untuk menggunakan teknologi
baru ini. Kala itu, banyak perusahaan swasta menyelenggarakan bisnis telepon.
Banyaknya pemain ini membuat industri telepon berkembang lebih cepat: pada 1892
telepon sudah digunakan secara interlokal dan tahun 1929 terkoneksi secara
internasional.
·
1965 – Kelahiran Telkom
Pada tahun 1961, Pemerintah Indonesia mendirikan Perusahaan Negara Pos dan
Telekomunikasi (PN Postel). Namun, seiring perkembangan pesat
layanan telepon dan telex, Pemerintah Indonesia mengeluarkan PP No. 30 tanggal
6 Juli 1965 untuk memisahkan industri pos dan telekomunikasi dalam PN Postel:
PN Pos dan Giro serta PN Telekomunikasi.
Dengan pemisahan ini,
setiap perusahaan dapat fokus untuk mengelola portofolio bisnisnya
masing-masing. Terbentuknya PN Telekomunikasi ini menjadi cikal-bakal Telkom
saat ini. Sejak tahun 2016, manajemen Telkom menetapkan tanggal 6 Juli 1965
sebagai hari lahir Telkom.
·
1995 – Tumbuhnya Teknologi
Seluler
Referensi
:
No comments:
Post a Comment